Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Asuransi, Dan Mengapa Begitu Penting

CARAPOPULER.COM - Apa itu asuransi dan mengapa begitu penting. Kita semua disarankan untuk membeli asuransi lebih dari sekali – seumur hidup, kesehatan, dan bahkan untuk membeli mobil baru atau memulai bisnis baru.

Berikut tangtang asuransi yang di lansir dari laman ETMONEY.

Namun, banyak orang yang menghindari untuk membeli asuransi, berpikir mengapa saya perlu membeli asuransi jiwa atau kesehatan karena masih muda dan sehat? Atau, mengapa saya membutuhkan asuransi untuk mobil saya, dan saya juga masih memiliki keterampilan mengemudi yang baik?

Apa itu asuransi dan mengapa begitu penting
apa itu asuransi dan mengapa begitu penting

Berlawanan dengan pemikiran seperti itu, tidak peduli seberapa sehat kita atau seberapa baik keadaan keuangan kita atau seberapa baik kita sebagai pengemudi, kita semua membutuhkan asuransi. Ini hanya karena asuransi bertindak sebagai jaring pengaman yang secara finansial melindungi Anda dan keluarga Anda ketika chip turun.

Di blog ini, kita akan membahas semua tentang asuransi, yaitu apa artinya, apa jenis asuransi, dan mengapa begitu penting.

Apa itu asuransi?

Konsep asuransi sangat sederhana untuk di pahami. Anda menyimpan biaya bulanan atau tahunan kepada perusahaan asuransi untuk mengasuransikan hidup Anda, kesehatan, kendaraan, properti, dll, untuk jangka waktu tertentu. Sebagai imbalan, perusahaan asuransi membayar ganti rugi finansial jika terjadi kerugian pada orang atau objek yang di asuransikan.

Jadi Anda mengalihkan risiko kerugian finansial yang mungkin Anda alami karena ketidakpastian hidup ke perusahaan asuransi dengan biaya yang cukup kecil.

Misal, jika Anda mengalami kecelakaan mobil dan sudah pasti  dirawat di rumah sakit. 

Polis asuransi kesehatan akan menanggung biaya medis untuk anda. Dan, asuransi mobil Anda akan membayar kerusakan mobil Anda. Sedangkan jika Anda meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut, keluarga Anda akan menerima sejumlah uang sekaligus untuk asuransi berjangka.

Dari seni hingga hewan peliharaan, ada asuransi yang tersedia untuk beberapa hal, dan orang harus memanfaatkan asuransi sesuai kebutuhan dan prioritas mereka. Namun ada 3 jenis asuransi yang paling esensial.

3 asuransi yang paling penting adalah:

Asuransi jiwa:

Asuransi jiwa melindungi keluarga Anda secara finansial jika Anda meninggal lebih awal. Berikut adalah cara kerjanya. Anda membayar premi reguler kepada perusahaan asuransi untuk beberapa tahun tertentu. Sebagai imbalannya, perusahaan asuransi membayar sejumlah uang pertanggungan kepada keluarga Anda jika Anda meninggal selama masa polis.

Ada berbagai jenis polis asuransi jiwa dan beberapa di antaranya, Anda mendapatkan jumlah lump sum jika Anda hidup melalui masa polis. Misal, asuransi berjangka memberikan cakupan yang lebih tinggi dengan jumlah premi yang lebih rendah di bandingkan dengan polis asuransi jiwa lainnya. 

Tetapi tidak ada uang yang dibayarkan kepada pemegang polis jika dia selamat dari masa berlakunya. Sedangkan untuk polis seperti endowment atau uang kembali, pemegang polis menerima lump sum setelah masa polis berakhir. Untuk polis semacam itu, jumlah premi jauh lebih tinggi terhadap pertanggungan, di bandingkan dengan asuransi berjangka.

Asuransi Kesehatan:

Asuransi Kesehatan adalah cara untuk memastikan Anda dan keluarga bisa mendapatkan perawatan medis terbaik tanpa harus khawatir dengan biayanya mahal.

Dalam polis asuransi kesehatan, biaya perawatan medis tertanggung di tanggung oleh perusahaan asuransi. Sebagai imbalan atas premi reguler yang Anda bayarkan, perusahaan asuransi membayar semua biaya yang terkait dengan penyakit yang membutuhkan perawatan tertanggung. Ini termasuk rawat inap, penitipan anak, pos, dan pra-rawat inap, dll. Dan dengan fasilitas cashless, tagihan Anda langsung di selesaikan antara perusahaan dan rumah sakit.

Asuransi tersebut di cairkan untuk mengasuransikan properti, mobil, bisnis, dll. Saat membeli asuransi kewajiban - seperti asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi bisnis, jika terjadi kerusakan pada objek atau properti yang diasuransikan selama masa polis, perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi finansial kepada pemilik pemegang polis.

Sekarang setelah Anda mengetahui jenis asuransi yang penting, mari kita simak tentang mengapa Anda membutuhkan asuransi.

Alasan setiap orang harus mendapatkan asuransi

Seperti yang sudah di tulis di awal, kebanyakan orang berpikir asuransi adalah pengeluaran yang tidak perlu. Alasannya adalah karena kita merasa yakin tentang masa depan kita dan kemampuan kita untuk mengatasi keadaan yang tidak terlihat. Tetapi ada perbedaan besar yang kita rasakan jika memiliki asuransi dan pada saat kita terkena musibah. Misal, tabungan beberapa tahun dapat hilang jika terjadi keadaan darurat medis. Itu hanya satu contoh.

  • Asuransi memastikan stabilitas keuangan keluarga

Tidak peduli berapa banyak Anda telah berhasil menabung atau berapa penghasilan bulanan Anda, musibah tak terduga dan dapat menguras ke uangan anda.

Misal, jika Anda tidak mempunyai asuransi jiwa yang memadai, keluarga Anda mungkin akan mengalami kesulitan keuangan pada meninggal nanti. Meskipun tidak ada jumlah uang yang dapat menggantikan kehilangan orang yang dicintai, memiliki asuransi jiwa akan menyelamatkan mereka dari kesulitan keuangan.

Sementara itu, jika Anda atau keluarga Anda tidak memiliki asuransi kesehatan yang cukup, maka tagihan medis yang besar selama perawatan apa pun dapat benar-benar mengguncang keuangan Anda.

Jadi, penting bagi Anda untuk melindungi diri sendiri, keluarga Anda dengan jumlah asuransi yang memadai.

  • Asuransi membawa ketenangan pikiran

Premi yang Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi adalah harga yang menjamin bahwa perusahaan asuransi akan menanggung kerusakan jika terjadi peristiwa yang tidak terduga. Dan, jaminan bahwa risiko Anda ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Sebagai contoh, misalkan Anda meninggal sebelum waktunya pada saat Anda masih memiliki beberapa tonggak pencapaian seperti pendidikan anak, pernikahan mereka, korpus pensiun untuk pasangan Anda dll. Juga ada hutang sebagai pinjaman perumahan. Kematian Anda yang terlalu dini dapat menempatkan keluarga Anda dalam situasi tenang.

Tapi, jika Anda membeli asuransi berjangka dengan mempertimbangkan semua faktor ini, keluarga Anda akan mampu melewati masa-masa sulit.

  • Asuransi mengurangi stres selama masa-masa sulit

Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba untuk membuat hidup Anda lebih baik, peristiwa tak terduga dapat benar-benar membalikkan keadaan, membuat Anda tegang secara fisik, emosional, dan finansial. Memiliki asuransi yang memadai membantu dalam arti bahwa setidaknya Anda tidak perlu memikirkan uang selama masa sulit seperti itu, dan dapat fokus pada pemulihan.

Misal, Anda atau seseorang dalam keluarga Anda mengalami serangan jantung dan membutuhkan rawat inap segera. Perawatan semacam itu di rumah sakit yang baik dapat menghabiskan biaya berjuta-juta. Jadi memiliki asuransi kesehatan dalam hal ini, menyelamatkan Anda dari kekhawatiran dan stres mengatur uang. Dengan adanya asuransi, tekanan finansial apa pun akan teratasi, dan Anda dapat fokus pada pemulihan Anda.

  • Intinya:

Memiliki asuransi – jiwa, kesehatan, dan kewajiban – merupakan bagian penting dari perencanaan keuangan. Ini dapat menyelamatkan Anda dari kesulitan keuangan jika terjadi keadaan yang tidak terduga. Namun, keputusan untuk membeli asuransi harus ditentukan oleh tiga faktor – persyaratan, manfaat yang Anda dapatkan dari polis, dan kemampuan Anda untuk membayar premi.