Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bareksa Vs Bibit, Investasi Mana Yang Lebih Cocok Untuk Pemula?

CARAPOPULER.COMBareksa vs Bibit, Investasi Mana Yang Lebih Cocok Untuk Pemula?. Bereksa vs bibit merupakan platform investasi reksa dana yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Platform ini cocok untuk kamu yang baru ingin memulai untuk berinvestasi. Secara garis besar platform tersebut serupa, tetapi memiliki beberapa perbedaan.

Bareksa vs bibit investasi mana yang lebih cocok untuk pemulal
bareksa vs bibit investasi mana yang lebih cocok untuk pemulal

Reksa dana secara garis besar merupakan wadah dan pola pengelolaan dana dari beberapa investor yang dikelola oleh Manajemen Investasi.

Dana tersebut, nantinya akan diinvestasikan dengan berbagai macam instrumen yang ada di pasar modal.

Perbandingan Antara Bareksa Vs Bibit

Bagi kamu yang hendak memulai investasi reksa dana, sebaiknya perlu mencari tahu terkait platform Bareksa dan Bibit terlebih dahulu. Hal tersebut penting dilakukan untuk menentukan tempat investasi reksadana yang dibutuhkan. Berikut, perbandingan antara Bareksa dengan Bibit.

1. Legalitas

Faktor terpenting dalam memulai investasi reksa dana yakni terkait legalitasnya. Bareksa dan Bibit dikenal sebagai tempat jual beli reksa dana APERD (Agen Penjual Reksa Dana) yang sudah resmi dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga, sudah dipastikan bahwa kedua platform ini terjamin keamanannya.

2. Platform

Baik Bareksa maupun Bibit menerapkan sistem pendaftaran online lewat platform. Kamu perlu menyiapkan dokumen penting seperti KTP dan Swafoto memegang KTP. Untuk daftar di Bareksa bisa melalui website resmi atau bisa juga lewat aplikasi (Android dan iOS). Sedangkan, untuk daftar di Bibit lewat aplikasi (Android dan iOS).

3. Fee Jual Beli

Ada dua jenis biaya reksa dana yang perlu diketahui, subscription fee (biaya pembelian) serta redemption fee (biaya penjualan). Bareksa dan Bibit membebankan tagihan besaran fee yang beragama, yakni 1% hingga 3% dari total pembelian atau penjualan produk reksa dana.

4. Metode Pembayaran

Terdapat beberapa macam jenis pembayaran yang bisa dipilih. Bareksa, dapat dibayar melalui Ovo, LinkAja, atau Transfer manual. Sedangkan Bibit dapat dibayar melalui GoPay, Autodebet, dan LinkAja. Dalam pembayarannya, Bareksa mengenakan biaya tambahan sebesar Rp. 3.100, sedangkan Bibit tidak.

Demikian semoga bermanfaatbagi yang membaca, selamat mencoba dan semoga sukses.