Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Main Saham Sebagai Investasi Untuk Pelajar SMA

CARAPOPULER.COMCara Main Saham sebagai Investasi untuk Pelajar SMA. Siapa yang tidak tahu tentang investasi saham? Investasi ini sudah sangat terkenal karena dinilai bisa menghasilkan keuntungan yang besar bagi para investor.

Tidak hanya dikhususkan bagi mereka yang sudah andal, saat ini saham juga sudah bisa menjadi investasi untuk pelajar SMA.

Cara Main Saham sebagai Investasi untuk Pelajar SMA
cara main saham sebagai investasi untuk pelajar sma

Investasi saham memang bisa menghasilkan keuntungan yang besar, tapi risikonya juga tidak kalah besar. Sehingga, jenis investasi ini umumnya hanya untuk mereka yang sudah berpengalaman.

Tapi, jika kamu masih pelajar juga tidak ada salahnya mencoba belajar. Karena seperti Warren Buffet, dia juga sudah mulai berinvestasi saham sejak umur 11 tahun.

Belajar Saham sebagai Investasi untuk Pelajar SMA

Untuk kamu yang ingin menjadikan saham sebagai investasi untuk pelajar SMA, maka kamu perlu belajar dari hal-hal yang dasar terkait saham terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa caranya.

1. Membuat Rekening Efek

Ini adalah langkah awal yang umum dilakukan saat berinvestasi saham. Sebabnya perusahaan biasanya akan melakukan jual-beli saham di BEI atau Bursa Efek Indonesia.

Berhubung kamu adalah pelajar yang kemungkinan masih pemula, ada hal lain yang bisa kamu coba, yaitu mengikuti SPM (Sekolah Pasar Modal). Disana kamu akan mendapatkan banyak ilmu tentang dunia saham, sehingga cocok untuk belajar.

2. Berinvestasi Sesuai Kemampuan

Kalau kamu sudah membuat rekening efek, artinya kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Tetapi mengingat saham cukup berisiko jika dijadikan investasi untuk pelajar SMA, pastikan kalau kamu tetap berinvestasi sesuai dengan kemampuan.

Misalnya, kamu bisa memilih perusahaan terkenal dengan biaya yang sesuai dengan dana kamu.

3. Miliki Perencanaan yang Baik

Saat bermain saham, umumnya cara terbaik mendapat keuntungan adalah menjualnya saat harga naik. Walau begitu, kamu tetap harus memiliki perencanaan yang baik agar investasi kamu bisa terus berjalan.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan hasil penjualannya untuk membeli saham lainnya.

4. Lakukan Average Down Jika Rugi

Investasi saham memang bisa merugi, tapi tenang saja karena kamu bisa melakukan average down.

Caranya adalah membeli saham dengan harga rendah secara bertahap. Ini dilakukan agar saham kamu tidak terjun bebas dan mengikuti kondisi pasar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.